Minggu, 25 Februari 2018

STMT Trisakti Jakarta dan Manajemen Logistik Material


  1. Sejarah singkat STMT Trisakti
Pada tahun 1970 STMT Trisakti dikenal dengan nama Akademi Angkutan Udara Niaga (AAUN) Trisakti. Berdasarkan dengan Keputusan Mendikbud No.0332/O/1985 tanggal 27 Juli 1985 berubah menjadi Akademi Administrasi Niaga Udara Trisakti.
Tanggal 6 Desember 1986 berdasarkan Keputusan Mendikbud No.0860/O/1986, status dan nama lembaga ini ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti ((STMT Trisakti).Ketika itu STMT Trisakti mengelola 2 (dua) jenjang pendidikan, yaitu: a. Jenjang Pendidikan D.III b. Jenjang Pendidikan D.IV
Tahun 1986, STMT Trisakti memperoleh izin dari DIKTI untuk menyelenggarakan Jenjang Pendidikan Diploma IV untuk Program Studi Manajemen Transpor Darat (D.IV MTD), berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nomor : 0895 / O / 1986 tanggal 29 Desember 1986.
Tahun 1993, STMT Trisakti memperoleh izin dari DIKTI untuk menyelenggarakan Jenjang Pendidikan Diploma III untuk Program Studi Manajemen Transpor Laut (D.III MTL), berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 481/DIKTI/Kep/1993 tanggal 13 Agustus 1993, dengan Status TERDAFTAR.
Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 18/DIKTI/Kep/ 1998 tanggal 26 Januari 1998, Program Studi Diploma IV (D.IV) berubah menjadi Program Studi Strata 1 (S.I) Manajemen, dengan konsentrasi :
  • Manajemen Transpor Udara (MTU)
  • Manajemen Transpor Darat (MTD)
  • Manajemen Transpor Laut (MTL).
Pada tahun 1998, STMT Trisakti memperoleh izin menyelenggarakan Jenjang Pendidikan Diploma III Program Studi Manajemen Logistik dan Material (D.III MLM), berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 194/DIKTI/Kep/1998 tanggal 15 Juni 1998, dengan Status Terdaftar.
Pada tahun 2005, STMT Trisakti memperoleh izin operasional untuk penyelenggaraan Program Pasca Sarjana Magister Manajemen Transportasi dan Logistik berdasarkan surat DIKTI No. 646/D/T/2005 tanggal 3 Maret 2005.
Program Studi
Jenjang Pendidikan Diploma Tiga (D.III)
  • Program Studi Manajemen Transpor Udara (MTU)
  • Konsentrasi Manajemen Bandar Udara (MBU)
  • Program Studi Manajemen Transpor Laut (MTL)
  • Program Studi Manajemen Logistik dan Material (MLM)
Jenjang Pendidikan Strata Satu (S.I) 
  • Manajemen Transportasi Udara (MTU)
  • Manajemen Transportasi Darat (MTD)
  • Manajemen Transportasi Laut (MTL)
  • Manajemen Logistik dan Material (MLM)
Jenjang Pendidikan Strata Dua (S.2)
  • Konsentrasi Magister Manajemen Transportasi Udara
  • Konsentrasi Magister Manajemen Transportasi Darat
  • Konsentrasi Magister Manajemen Transpor Laut
  • Konsentrasi Magister Manajemen Transportasi Logistik

Status Akreditasi Program Studi

Berikut ini daftar akreditasi jurusan Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi Trisakti beserta masa berlakunya.
  1. Manajemen Logistik dan Material ( D3 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 10-09-2019 ) ( Status masih berlaku )
  2. Manajemen Transportasi Laut ( D3 ) ( Akreditasi A ) ( Berlaku hingga 13-05-2019 ) ( Status masih berlaku )
  3. Manajemen Transportasi Udara ( D3 ) ( Akreditasi A ) ( Berlaku hingga 27-05-2019 ) ( Status masih berlaku )
  4. Manajemen ( S1 ) ( Akreditasi A ) ( Berlaku hingga 24-08-2018 ) ( Status masih berlaku )
  5. Manajemen Transportasi ( S2 ) ( Akreditasi B ) ( Berlaku hingga 19-05-2019 ) ( Status masih berlaku )


2. Kenapa saya memilih Jurusan Manajemen Logistik dan Material di STMT Trisakti Jakarta?



Awalnya saya tidak berminat untuk masuk kuliah di STMT Trisakti, karena keinginan dari kedua orangtua saya yang menginginkan saya untuk mengambil jurusan Manajemen Logistik dan Material di STMT Trisakti lalu saya berfikir bahwa pendidikanlah yang paling utama dan apa salahnya untuk mencoba. maka dari itu saya mendaftar kuliah, saya mulai masuk kuliah kelas reguler di tahun 2016. saya mengambil  Jurusan Logistik ini karena bidang Logistik ini memiliki prospek kerja yang sangat besar karena setiap perusahaan membutuhkan ilmu Logistik untuk mengurus setiap hal yang berhubungan dengan Barang atau Jasa mereka. Dan alasan yang paling saya suka adalah bidang Logistik ini bisa kerja di Darat, Laut atapun Udara. Kenapa saya pilih STMT Trisakti? Karena sekolah tinggi yang ada jurusan Logistik masih jarang di Indonesia melihat hal ini Bidang Logistik adalah salah satu Bidang dari ratusan Bidang lainnya yang masih kurang peminatnya namun banyak sekali peluang kerjanya.


3. Tujuan kenapa ambil Jurusan ini? 

      Awalnya saya tidak tau ingin mengambil jurusan apa di STMT Trisakti, Saya sering meminta saran teman, saudara, guru, orangtua. Saya sudah mendengarkan mereka yang menyarankan untuk mengambil jurusan MLM. Lalu saya mencari tau semua tentang logistik, karena prospek kerjanya yang sangat bagus kemudian belajar yang dipelajari di transportasi untuk masuk jurusan logistik. saya tahu betul tujuan saya yaitu “lulusan berkualitas dari jurusan ini masih sangat jarang namun keberadaan orang tersebut sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan, kegiatan sehari-hari manusia tidak akan pernah berjalan jika kegiatan Logistiknya tidak berjalan. "Logistics play a main role as the Heart of everything Activities In this World". Dan, cita cita saya adalah untuk menjadi seseorang yang handal dibidang Logistik dan mampu membantu mengembangan Kegiatan Logistik di Indonesia. Aamiin 


      4. Rencana setelah Lulus Kuliah ingin Kerja dimana?
      
     Setiap manusia pasti punya planning kedepannya masing-masing ingin bekerja sebagai apa. Planning saya setelah lulus kuliah ingin mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan kemampuan saya di perusahaan Pelindo II. Setelah saya sudah cukup mengumpulkan penghasilan, saya ingin masuk ujian cpns dephub dan mungkin saya akan menjadi wirausaha kalau saya sudah cukup mapan untuk mewujudkan semua itu. 

Terimakasih, salam Logistik.




Share:

0 komentar:

Posting Komentar