Minggu, 16 Desember 2018

PT.Sarana Bandar Nasional Tanjung Priok

Kelompok 4 Cross Docking
Anggota              :
  1. Achmad Donny
  2. Adiyaksa Nur Badrul
  3. Dimas Purboyo
  4. Febby Fanisha
  5. Gintha Syintia
  6. Jihan Fahira
  7. Ninda Junita Indah
  8. Nur Ali Yudhanto

PT. Sarana Bandar Nasional cabang Tanjung Priok adalah perusahaan cabang dari PT. Sarana Bandar Nasional. PT. Sarana Bandar Nasional sendiri merupakan anak perusahaan PT. Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) yang bergerak dalam bidang usaha bongkar muat, yang didirikan pada tanggal 31 Mei 1986. Karna tuntutan UUD bahwa "setiap perusahaan harus memiliki bongkar muat. selain itu, Pada tahun 1988 perusahaan melakukan pengembangan usaha jasa Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) atau Forwarding dengan penghasilan 35milyar/thn.
Pelni Logistics fokus pada angkutan penumpang, dan memiliki tiga jenis kapal:
1.     Kapal penumpang.
2.     Kapal penumpang & container barang.
3.     Kapal penumpang, barang & kendaraan.

Kegiatan utama perusahaan dalam menangani kegiatan jasa ekspedisi penunjang transportasi angkatan laut nasional untuk memperlancar distribusi arus barang yang meliputi kegiatan stevedoring, cargodoring, receiving atau delivery. Pendistribusian berfokus pd bahan pokok, mis, minyak beras sudah diperhitungkan jangka waktu expired yg panjang. matrial semen dll. pendistribusian akan dikirim langsung dgn alat angkut.

Usaha jasa bongkar muat barang dari atau ke kapal serta jasa ekspedisi muatan kapal laut dilakukan untuk melayani kapal-kapal PT. Pelni, kapal-kapal keagenan dan kapal pihak ketiga, sedangkan jasa Forwarding diprioritaskan untuk muatan general cargo dan container antar pulau yang diangkut kapal penumpang dan ro-ro PT. Pelni serta kapal-kapal milik perusahaan lain.

Visi perusahaan menjadi total logistic company yang unggul dan terkemuka di bidang angkutan laut interinsuler dan Misi perusahaan dalam memberikan pelayanan yang kompetitif di bidang usaha bongkar muat dan forwarding untuk kapal-kapal perusahaan induk dan kapal-kapal lainnya serta mendukung kinerja pelabuhan dalam kelancaran arus muatan angkutan laut.

Operasional bisnisnya, PT. Sarana Bandar Nasional cabang Tanjung Priok didukung oleh personil yang berkualifikasi, berpengalaman dan profesional dalam bidangnya. Selain itu, untuk mempercepat pelayanan jasa bongkar muat kapal yang efisien, aman dan lancar perusahaan dilengkapi pula dengan berbagai peralatan dan fasilitas bongkar muat yang baik.

Pada saat kunjungan kami diperlihatkan proses yang dilakukan bongkar muat pada kapal Pelni Ciremai. Armada dengan karakter Three in One, yang merupakan kapal penumpang berkapasitas 2.000 seat, dilengkapi dengan car-deck yang mampu menampung hingga +- 90unit kendaraan mobil, untuk sepeda motor +-500unit. jika ada motor yang tidak muat akan ditempatkan di parkiran car-deck mobil. tidak ada aturan khusus bisa mobil pribadi, tentara, bus dll.

Parkiran motor berada di paling bawah untuk motor kecil jika penuh akan di stop, motor besar ditempatkan di parkiran mobil. Untuk nama kapal, pelni kebanyakan nama gunung.
Saat ini Pelni Ciremai melayani rute Jakarta-Surabaya-Makassar-Sorong-Jayapura-Manokwari-Sorong-Bau Bau.





Share:

0 komentar:

Posting Komentar